DSpace Repository

Pengajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Al-Azhar Menggunakan Bahasa Arab di Syafana Islamic School Primary Gading Serpong Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
dc.contributor.author Asma Fathoni Ali Aslah, 20312314
dc.date.accessioned 2024-11-01T07:07:29Z
dc.date.available 2024-11-01T07:07:29Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4012
dc.description.abstract Penelitian ini berfokus pada konsep kurikulum Al-Azhar, dan bagaimana penerapan kurikulum Al-Azhar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan bahasa Arab, ditinjau dari metode pengajarannya kepada guru bertujuan untuk memperjelas konsep kurikulum Al-Azhar, dan menganalisis metode penerapan dan pengajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam pada kurikulum Al-Azhar dengan menggunakan bahasa Arab pada kelas V di Syafana Islamic School Primary Gading Serpong Tangerang, dan mengetahui faktor pendukung dan hambatannya dalam hal tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan, informasi dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumen, dan lampiran yang diambil dari sekolah itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep kurikulum Al-Azhar di Syafana Islamic School Primary Gading Seberpong Tangerang merupakan kurikulum sekolah yang moderat (pertengahan), dan sederhana. 2) Mata pelajaran pendidikan agama Islam menurut kurikulum Al-Azhar diterapkan dengan menggunakan bahasa Arab pada kelas V di sekolah tersebut dengan cara bercerita, ceramah, diskusi, penerapan, presentasi dan resepsi di kelasnya dan semuanya didukung oleh teori konstruktivis dan pembelajaran sosial. 3) Faktor pendukung dalam pengajaran pendidikan agama Islam pada kurikulum Al-Azhar menggunakan bahasa Arab di kelas V di sekolah tersebut adalah karena kurikulumnya mudah, dan sederhana, serta harus diamalkan bahasa Arab secara terus menerus, dan adapun faktor penghambatnya yaitu kesulitan dalam membaca dan menulis teks bahasa Arab bagi siswa, dan sebagai guru ia berbicara dua bahasa di kelas. en_US
dc.language.iso ar en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pengajaran en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kurikulum Al-Azhar en_US
dc.subject Bahasa Arab en_US
dc.title Pengajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Al-Azhar Menggunakan Bahasa Arab di Syafana Islamic School Primary Gading Serpong Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account