DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Tahfiẓ AlQur’an Melalui Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an di MIN 4 Jakarta Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Lifia Salza Rizkiana, 20312252
dc.date.accessioned 2024-11-01T07:17:20Z
dc.date.available 2024-11-01T07:17:20Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4015
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa belum dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil sehingga mempengaruhi pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an dan literasi Al-Qur’an peserta didik. Literasi Al-Qur’an sangat penting dilakukan guna memberantas buta huruf Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Pada Siswa Kelas 6 di MIN 4 Jakarta Selatan. Literasi Al-Qur’an berupa kemampuan mengembangkan keterampilan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 wakil kepala sekolah, 1 koordinator Al-Qur’an, 7 orang siswa, dan 2 wali kelas sekaligus penguji tasmi. Adapun sumber data sekunder penulis dapatkan dari beberapa buku dan jurnal ilmiah yang mendukung proses penyusunan skripsi ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an melalui metode tasmi’ dalam meningkatkan literasi AlQur’an pada kelas 6 di MIN 4 Jakarta Selatan yaitu mampu meningkatkan literasi Al-Qur’an pada peserta didik. Peserta didik dalam pembelajaran AlQur’an tidak hanya menghafal melainkan diajarkan membaca dan menulis AlQur’an pada surah-surah yang sudah dihafal. Kegiatan metode tasmi’ berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan fashih sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf yang baik serta menulis AlQur’an pada fase melanjutkan kata dalam satu ayat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode Tasmi en_US
dc.subject Literasi Al-Qur’an en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Tahfiẓ AlQur’an Melalui Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an di MIN 4 Jakarta Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account