Abstract:
Seiring dengan kemajuan teknologi yang sudah berkembang pesat pada
saat ini, kini teknologi sudah memasuki berbagai macam aspek kehidupan
termasuk ke dalam dunia pendidikan. SMP Bakti Mulya 400 Jakarta telah
memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan menggunakan iPad
sebagai media pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui persepsi penggunaan media iPad dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Bakti Mulya 400 Jakarta. Penelitian ini memiliki
kesamaan dengan penelitian sebelumnya dalam membahas penggunaan media
untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam, namun berbeda dalam hal
objek, lokasi, metode, dan fokus penelitian.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode
kualitatif deskriptif field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian
yaitu terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 2
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3 orang peserta didik dari kelas
IX SMP Bakti Mulya 400 Jakarta. Sumber data yang digunakan yaitu dari buku
online, buku panduan, dan jurnal terkait pembahasan ini. Teknik pengumpulan
data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian terkait pembelajaran dengan menggunakan media iPad
pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan dampak positif
bagi guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari relevansi pengggunaan iPad
dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan peserta didik, kemudahan
penggunaan iPad ini untuk para guru dan juga peserta didik karena terdapat
fasilitas sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran dengan media
ini, terdapat kelebihan dari media iPad ini yakni dengan media ini sangat mudah untuk mengakses informasi dan materi pembelajaran hanya dengan satu
perangkat. Secara kognitif, iPad membantu siswa menyerap materi, sementara
secara afektif, iPad menumbuhkan motivasi belajar dengan metode yang lebih
interaktif. Dari segi psikomotorik, siswa belajar keterampilan teknologi
melalui praktik langsung. Selain adanya kelebihan dari penggunaan iPad
tersebut, terdapat kekurangan dalam penggunaan iPad, seperti gangguan sinyal
dan distraksi aplikasi non-pendidikan. Meski begitu, guru Pendidikan Agama
Islam mampu menangani masalah ini dengan baik.