DSpace Repository

Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Media iPad Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bakti Mulya 400 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnia Akbar
dc.contributor.author Azizatul Lailina, 20312320
dc.date.accessioned 2024-11-01T07:26:38Z
dc.date.available 2024-11-01T07:26:38Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4018
dc.description.abstract Seiring dengan kemajuan teknologi yang sudah berkembang pesat pada saat ini, kini teknologi sudah memasuki berbagai macam aspek kehidupan termasuk ke dalam dunia pendidikan. SMP Bakti Mulya 400 Jakarta telah memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan menggunakan iPad sebagai media pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penggunaan media iPad dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bakti Mulya 400 Jakarta. Penelitian ini memiliki kesamaan dengan penelitian sebelumnya dalam membahas penggunaan media untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam, namun berbeda dalam hal objek, lokasi, metode, dan fokus penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian yaitu terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 2 Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3 orang peserta didik dari kelas IX SMP Bakti Mulya 400 Jakarta. Sumber data yang digunakan yaitu dari buku online, buku panduan, dan jurnal terkait pembahasan ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian terkait pembelajaran dengan menggunakan media iPad pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan dampak positif bagi guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari relevansi pengggunaan iPad dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan peserta didik, kemudahan penggunaan iPad ini untuk para guru dan juga peserta didik karena terdapat fasilitas sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran dengan media ini, terdapat kelebihan dari media iPad ini yakni dengan media ini sangat mudah untuk mengakses informasi dan materi pembelajaran hanya dengan satu perangkat. Secara kognitif, iPad membantu siswa menyerap materi, sementara secara afektif, iPad menumbuhkan motivasi belajar dengan metode yang lebih interaktif. Dari segi psikomotorik, siswa belajar keterampilan teknologi melalui praktik langsung. Selain adanya kelebihan dari penggunaan iPad tersebut, terdapat kekurangan dalam penggunaan iPad, seperti gangguan sinyal dan distraksi aplikasi non-pendidikan. Meski begitu, guru Pendidikan Agama Islam mampu menangani masalah ini dengan baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Teknologi en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Media iPad Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bakti Mulya 400 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account