Abstract:
Peningkatan kualitas guru menjadi fokus utama dalam upaya
memperkuat pendidikan karakter siswa di sekolah. Sesuai dengan Peraturan
Pemerintah (Republik Indonesia) No.19 Tahun 2017, perubahan atas PP No.74
tahun 2008 tentang guru. Harus memiliki empat kompetensi: pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional. Program Penguatan Pendidikan Karakter
(PPK) di sekolah dasar, seperti yang diterapkan di SDN Jati Pulo 05 Pagi,
bertujuan untuk mengembangkan nilai, moral, dan kebiasaan baik dalam diri
siswa.
Tujuan penelitian ini sebagai berikut: a. Untuk mengetahui peningkatan
kualitas guru di SDN Jati Pulo 05 Pagi. b Untuk mengetahui peningkatan
penguatan pendidikan karakter siswa SDN Jati Pulo 05 Pagi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif di mana
peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, analisis data, dan metode pengumpulan data lainnya. Informan
dari wawancara ini yaitu: kepala sekolah, guru bidang kurikulum, guru kelas
III, guru kelas V, guru kelas VI, 3 siswa kelas VI.
Berdasarkan hasil penelitian di SDN Jati Pulo 05 Pagi, ditemukan bahwa
sekolah tersebut telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas
guru dalam penguatan pendidikan karakter siswa. peningkatan ini
mencerminkan kesadaran pihak sekolah akan pentingnya peran guru dalam
membentuk karakter siswa. Temuan ini sejalan dengan prinsip Peningkatan
kualitas guru No.19 Tahun 2017, perubahan atas PP No.74 tahun 2008 yang
dilakukan di SDN Jati Pulo 05 pagi diantaranya: kegiatan pelatihan dan
pengembangan kompetensi guru, perubahan strategi pembelajaran, dan
peningkatan manajemen kelas. Dari ketiga peningkatan tersebut sudah
dilakukan oleh sekolah dengan cukup baik. Untuk penguatan pendidikan
karakter di SDN Jati Pulo 05 Pagi sudah terlihat dari religiusitas, kemandirian,
integritas, gotong royong, dan nasionalisme pada siswa kelas VI.