DSpace Repository

Peningkatan Kualitas Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SDN Jati Pulo 05 Pagi Jakarta Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Fitri Salsabilah, 20312323
dc.date.accessioned 2024-11-01T07:31:36Z
dc.date.available 2024-11-01T07:31:36Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4019
dc.description.abstract Peningkatan kualitas guru menjadi fokus utama dalam upaya memperkuat pendidikan karakter siswa di sekolah. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (Republik Indonesia) No.19 Tahun 2017, perubahan atas PP No.74 tahun 2008 tentang guru. Harus memiliki empat kompetensi: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dasar, seperti yang diterapkan di SDN Jati Pulo 05 Pagi, bertujuan untuk mengembangkan nilai, moral, dan kebiasaan baik dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: a. Untuk mengetahui peningkatan kualitas guru di SDN Jati Pulo 05 Pagi. b Untuk mengetahui peningkatan penguatan pendidikan karakter siswa SDN Jati Pulo 05 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif di mana peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, analisis data, dan metode pengumpulan data lainnya. Informan dari wawancara ini yaitu: kepala sekolah, guru bidang kurikulum, guru kelas III, guru kelas V, guru kelas VI, 3 siswa kelas VI. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Jati Pulo 05 Pagi, ditemukan bahwa sekolah tersebut telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas guru dalam penguatan pendidikan karakter siswa. peningkatan ini mencerminkan kesadaran pihak sekolah akan pentingnya peran guru dalam membentuk karakter siswa. Temuan ini sejalan dengan prinsip Peningkatan kualitas guru No.19 Tahun 2017, perubahan atas PP No.74 tahun 2008 yang dilakukan di SDN Jati Pulo 05 pagi diantaranya: kegiatan pelatihan dan pengembangan kompetensi guru, perubahan strategi pembelajaran, dan peningkatan manajemen kelas. Dari ketiga peningkatan tersebut sudah dilakukan oleh sekolah dengan cukup baik. Untuk penguatan pendidikan karakter di SDN Jati Pulo 05 Pagi sudah terlihat dari religiusitas, kemandirian, integritas, gotong royong, dan nasionalisme pada siswa kelas VI. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kualitas guru en_US
dc.subject penguatan karakter en_US
dc.subject Siswa Kelas VI en_US
dc.title Peningkatan Kualitas Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SDN Jati Pulo 05 Pagi Jakarta Barat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account