Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis moral dikalangan remaja.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh institusi Pendidikan untuk
mengatasi masalah ini adalah dengan menanamkan karakter religius pada
siswa melalui kegiatan pembiasaan keagamaan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengkaji penerapan Islamic daily life activity dalam menumbuhkan
karakter religius siswa SMP Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek
penelitian di SMP Bakti Mulya 400. Sumber data penelitian ini yaitu
Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI, serta 5 siswa-siswi.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan
pembiasaan Islamic daily life activity dapat menumbuhkan karakter
religius siswa dan memiliki tiga tahapan yaitu 1) Tahap perencanaan,
mencakup integrasi nilai-nilai Islam, penjadwalan salat wajib dan
penyediaan fasilitas serta adanya guru penanggung jawab untuk memantau
kegiatan. 2) Tahap pelaksanaan, kegiatan Islamic daily life activity terdiri
dari kegiatan salat dhuha, salat zuhur dan asar berjama’ah, jum’at
berkerudung serta jum’at bersedekah. 3) tahap evaluasi, adanya evaluasi
rutin yang dilakukan oleh Kepala sekolah dengan Guru penanggung jawab.
Adapun karakter religius yang terbentuk melalui kegiatan ini mencakup
religious belief: siswa meyakini keberadaan Allah SWT. dan mengimaniNya, religious practice: Siswa memiliki kesadaran diri untuk menjalankan
kewajibannya sebagai muslim, religius feeling: siswa memiliki kedekatan
spiritual dengan Allah SWT., religious knowledge: siswa memiliki
pemahaman tentang ajaran agama, religious effect: siswa memiliki akhlak
yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa kegitan Islamic daily life activity
telah berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung
perkembangan karakter religius secara holistik.