DSpace Repository

Penerapan Islamic Daily Life Activity Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa SMP Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Lusi Meilani, 20312327
dc.date.accessioned 2024-11-01T07:36:21Z
dc.date.available 2024-11-01T07:36:21Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4021
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis moral dikalangan remaja. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh institusi Pendidikan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menanamkan karakter religius pada siswa melalui kegiatan pembiasaan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Islamic daily life activity dalam menumbuhkan karakter religius siswa SMP Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian di SMP Bakti Mulya 400. Sumber data penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI, serta 5 siswa-siswi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan pembiasaan Islamic daily life activity dapat menumbuhkan karakter religius siswa dan memiliki tiga tahapan yaitu 1) Tahap perencanaan, mencakup integrasi nilai-nilai Islam, penjadwalan salat wajib dan penyediaan fasilitas serta adanya guru penanggung jawab untuk memantau kegiatan. 2) Tahap pelaksanaan, kegiatan Islamic daily life activity terdiri dari kegiatan salat dhuha, salat zuhur dan asar berjama’ah, jum’at berkerudung serta jum’at bersedekah. 3) tahap evaluasi, adanya evaluasi rutin yang dilakukan oleh Kepala sekolah dengan Guru penanggung jawab. Adapun karakter religius yang terbentuk melalui kegiatan ini mencakup religious belief: siswa meyakini keberadaan Allah SWT. dan mengimaniNya, religious practice: Siswa memiliki kesadaran diri untuk menjalankan kewajibannya sebagai muslim, religius feeling: siswa memiliki kedekatan spiritual dengan Allah SWT., religious knowledge: siswa memiliki pemahaman tentang ajaran agama, religious effect: siswa memiliki akhlak yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa kegitan Islamic daily life activity telah berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung perkembangan karakter religius secara holistik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject karakter religius en_US
dc.subject pembiasaan keagamaan en_US
dc.title Penerapan Islamic Daily Life Activity Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa SMP Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account