Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kualitas bacaan Al-Qur`an
siswa yang belum baik dan benar, sehingga adanya kekeliruan dan kesalahan
yang akan merusak arti dari ayat Al-Qur’an tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Kitab
Tuḥfah Al-Aṭfᾱl pada siswa kelas V dan VI Amanah Bunda Tahfidz School Cipinang
Jakarta Timur, mengetahui peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an melalui kitab
Tuḥfah Al-Aṭfᾱl pada siswa tersebut dan untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada siswa
tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran
kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa
kelas V dan VI Amanah Bunda Tahfidz School Cipinang Jakarta Timur ada 3
yaitu, perencanaan yang meliputi silabus, RPP dan media pembelajaran,
kemudian pelaksanaan yag meliputi guru memandu proses kegiatan belajar
mengajar yang meliputi menciptakan satbilitas kondisi belajar, mengulang
materi sebelumnya dan infrastruktur pembelajaran, terakhir evaluasi yang
meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, 2) peningkatan kualitas
bacaan Al-Qur’an siswa melalui kitab tersebut adalah dengan pengajaran
tajwid yang benar, latiha membaca Al-Qur’an secara rutin, dan menggunakan
metode mengajar yang efektif dan 3) faktor pendukung dalam meningkatkan
kefasihan membaca Al-Qur`an melalui kitab tersebut pada siswa adalah
motivasi, sarana prasarana memadai, dan lingkungan yang baik. Adapun
faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi dan lingkungan yang tidak
baik.