DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Siswa Amanah Bunda Tahfidz School Jakarta Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
dc.contributor.author Khofifah Azzahroh, 20312288
dc.date.accessioned 2024-11-01T07:42:00Z
dc.date.available 2024-11-01T07:42:00Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4023
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kualitas bacaan Al-Qur`an siswa yang belum baik dan benar, sehingga adanya kekeliruan dan kesalahan yang akan merusak arti dari ayat Al-Qur’an tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl pada siswa kelas V dan VI Amanah Bunda Tahfidz School Cipinang Jakarta Timur, mengetahui peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an melalui kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl pada siswa tersebut dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa kelas V dan VI Amanah Bunda Tahfidz School Cipinang Jakarta Timur ada 3 yaitu, perencanaan yang meliputi silabus, RPP dan media pembelajaran, kemudian pelaksanaan yag meliputi guru memandu proses kegiatan belajar mengajar yang meliputi menciptakan satbilitas kondisi belajar, mengulang materi sebelumnya dan infrastruktur pembelajaran, terakhir evaluasi yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, 2) peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa melalui kitab tersebut adalah dengan pengajaran tajwid yang benar, latiha membaca Al-Qur’an secara rutin, dan menggunakan metode mengajar yang efektif dan 3) faktor pendukung dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur`an melalui kitab tersebut pada siswa adalah motivasi, sarana prasarana memadai, dan lingkungan yang baik. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi dan lingkungan yang tidak baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kitab Tuhfatul Athfal en_US
dc.subject Kualitas en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Siswa Amanah Bunda Tahfidz School Jakarta Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account