Abstract:
Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa. Dengan perkembangan teknologi digital saat ini,
literasi digital menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan dan diperlukan
untuk memanfaatkan teknologi. Berkaitan dengan pendidikan, penerapan
literasi digital diharapkan dapat memberikan motivasi belajar yang tinggi
kepada siswa di masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital
terhadap motivasi belajar siswa MA Pembangunan Syarif Hidayatullah
Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif, dengan variabel bebas literasi digital dan variabel
teriktanya motivasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan instrumen angket dan dokumentasi, dengan responden
berjumlah 101 peserta didik terdiri dari 53 laki-laki dan 48 perempuan.
Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Analisis Regresi Sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara literasi digital (X) terhadap motivasi bealajar (Y)
sebesar 46,6%, dibuktikan dengan persamaan Y=19,611 + 0,640X dan hasil
varian regresi t hitung 9,298 > t tabel 1,984. Sisanya sebesar 53,4% motivasi
belajar dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.