DSpace Repository

Pengaruh Literasi Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Lintang Oktavi Fajriah, 20312292
dc.date.accessioned 2024-11-01T07:47:11Z
dc.date.available 2024-11-01T07:47:11Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4025
dc.description.abstract Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan perkembangan teknologi digital saat ini, literasi digital menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk memanfaatkan teknologi. Berkaitan dengan pendidikan, penerapan literasi digital diharapkan dapat memberikan motivasi belajar yang tinggi kepada siswa di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap motivasi belajar siswa MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan variabel bebas literasi digital dan variabel teriktanya motivasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan dokumentasi, dengan responden berjumlah 101 peserta didik terdiri dari 53 laki-laki dan 48 perempuan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi digital (X) terhadap motivasi bealajar (Y) sebesar 46,6%, dibuktikan dengan persamaan Y=19,611 + 0,640X dan hasil varian regresi t hitung 9,298 > t tabel 1,984. Sisanya sebesar 53,4% motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Literasi Digital en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Literasi Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account