Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kreativitas guru
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) di SD Negeri Ciputat 01. Kreativitas didefinisikan sebagai kemampuan
untuk mencipta, di mana guru diharapkan dapat menciptakan sesuatu yang
menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pentingnya kreativitas
guru disebabkan oleh kemampuannya dalam menciptakan lingkungan belajar
yang lebih efektif dan menyenangkan. Namun, pada saat penerapan metode
pembelajaran yang kreatif sering kali terhambat oleh keterbatasan sarana dan
prasarana di sekolah. Guru yang kreatif mampu menciptakan suasana belajar
yang menyenangkan, yang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar
siswa. Dalam konteks mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI),
kreativitas guru sangat penting untuk menyajikan materi yang sering kali
dianggap abstrak menjadi lebih konkret dan menarik.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan variabel
bebas kreativitas guru dan variabel terikatnya minat belajar siswa. Penelitian
ini menggunakan teknik random sampling yang menghasilkan sampel
sebanyak 60 siswa kelas 5 SDN Ciputat 01. Data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner kepada siswa kelas 5 serta dokumentasi pada saat
penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear
sederhana untuk menganalisis hubungan antara kreativitas guru dan minat
belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji regresi linear
sederhana, nilai thitung sebesar 8.315 > ttabel 2,002 dan nilai sig. 0,000 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas guru (X) berpengaruh
terhadap variabel minat belajar siswa (Y). Adapun untuk tingkat pengaruh
pada nilai R square sebesar 0,544 atau dengan persentase 54,4% artinya dapat
dinyatakan bahwa kreativitas guru berpengaruh sebesar 54,4% dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri
Ciputat 01, sedangkan sisanya yaitu 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak termasuk dalam penelitian ini.