DSpace Repository

Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SD Negeri Ciputat 01

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Kholili Amana, 20312289
dc.date.accessioned 2024-11-04T04:24:03Z
dc.date.available 2024-11-04T04:24:03Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4032
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri Ciputat 01. Kreativitas didefinisikan sebagai kemampuan untuk mencipta, di mana guru diharapkan dapat menciptakan sesuatu yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pentingnya kreativitas guru disebabkan oleh kemampuannya dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Namun, pada saat penerapan metode pembelajaran yang kreatif sering kali terhambat oleh keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah. Guru yang kreatif mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, yang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Dalam konteks mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kreativitas guru sangat penting untuk menyajikan materi yang sering kali dianggap abstrak menjadi lebih konkret dan menarik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan variabel bebas kreativitas guru dan variabel terikatnya minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 60 siswa kelas 5 SDN Ciputat 01. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada siswa kelas 5 serta dokumentasi pada saat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana untuk menganalisis hubungan antara kreativitas guru dan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji regresi linear sederhana, nilai thitung sebesar 8.315 > ttabel 2,002 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas guru (X) berpengaruh terhadap variabel minat belajar siswa (Y). Adapun untuk tingkat pengaruh pada nilai R square sebesar 0,544 atau dengan persentase 54,4% artinya dapat dinyatakan bahwa kreativitas guru berpengaruh sebesar 54,4% dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Ciputat 01, sedangkan sisanya yaitu 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kreativitas Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Minat Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SD Negeri Ciputat 01 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account