Abstract:
Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis
terhadap bacaan Al-Qur’an peserta didik di SD Negeri Ciputat 01, yaitu
siswa masih banyak yang kesulitan seperti terbata-bata, kesulitan dalam
memahami panjang dan pendek bacaan atau kesulitan dalam menerapkan
materi tersebut saat membaca Al-Qur’an. Sehingga tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam pembelajaran
baca tulis Al-Qur’an serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
pembelajaran tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan terdiri dari kepala sekolah,
1 orang guru PAI dan 5 orang peserta didik kelas 5. Teknik pengumpulan
data yang digunakan peneliti dalam memperoleh informasi berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, dan
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi guru PAI dalam
pembelajaran BTQ adalah dengan merencanakan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai, mengadakan pembiasaan membaca surat pendek
sebelum memulai pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran
dengan metode iqro’, ceramah, dan tutor sebaya, menggunakan media
pembelajaran, memberikan motivasi tentang pentingnya membaca AlQur’an, dan mengadakan evaluasi dengan penilaian. 2) faktor
pendukungnya adalah adanya minat dari sebagian peserta didik untuk
belajar BTQ, dan sistem yang melembaga. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah kurang minatnya sebagian peserta didik dalam
belajar BTQ, terbatasnya waktu dalam pembelajaran BTQ, serta terkendala
oleh pengaruh pergaulan teman.