DSpace Repository

Strategi Guru PAI Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) (Studi Kasus Di Kelas 5 SD Negeri Ciputat 01)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.author Annisa Nurul Fathya, 20312277
dc.date.accessioned 2024-11-04T04:26:23Z
dc.date.available 2024-11-04T04:26:23Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4033
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap bacaan Al-Qur’an peserta didik di SD Negeri Ciputat 01, yaitu siswa masih banyak yang kesulitan seperti terbata-bata, kesulitan dalam memahami panjang dan pendek bacaan atau kesulitan dalam menerapkan materi tersebut saat membaca Al-Qur’an. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan terdiri dari kepala sekolah, 1 orang guru PAI dan 5 orang peserta didik kelas 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam memperoleh informasi berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi guru PAI dalam pembelajaran BTQ adalah dengan merencanakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, mengadakan pembiasaan membaca surat pendek sebelum memulai pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran dengan metode iqro’, ceramah, dan tutor sebaya, menggunakan media pembelajaran, memberikan motivasi tentang pentingnya membaca AlQur’an, dan mengadakan evaluasi dengan penilaian. 2) faktor pendukungnya adalah adanya minat dari sebagian peserta didik untuk belajar BTQ, dan sistem yang melembaga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang minatnya sebagian peserta didik dalam belajar BTQ, terbatasnya waktu dalam pembelajaran BTQ, serta terkendala oleh pengaruh pergaulan teman. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an en_US
dc.subject Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Strategi Guru PAI Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) (Studi Kasus Di Kelas 5 SD Negeri Ciputat 01) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account