DSpace Repository

Penggunaan Media Teka Teki Silang dalam Meningkatkan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fikih di MI Mumtaza Pondok Cabe

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author h Lintang Kusumawardhani Susanto Putri, 20312291
dc.date.accessioned 2024-11-04T04:31:07Z
dc.date.available 2024-11-04T04:31:07Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4035
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Media yang kurang efektif dapat membuat siswa bosan, lelah secara mental, dan cenderung hanya menghafal informasi tanpa memahami atau terlibat dalam pemikiran kritis. Akibatnya, kemampuan berpikir tingkat tinggi tidak terasah dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Teka Teki Silang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fikih di MI Mumtaza Pondok Cabe. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berdasarkan data primer, wawancara dengan 6 informan yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran fikih, serta 4 siswa kelas V MI Mumtaza Pondok Cabe, dan sumber data sekunder berupa buku, jurnal, skripsi yang telah dipublikasikan serta data-data dari sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media teka-teki silang dalam pembelajaran berjalan dengan baik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini didukung oleh aspek penerapan media, yaitu kesesuaian dengan tujuan, media teka teki silang membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Ketepatgunaan, Media ini tepat digunakan untuk mata pelajaran fikih. Dari segi keadaan peserta didik, siswa mampu menyelesaikan teka-teki silang dengan baik. Ketersediaan sarana prasarana di sekolah cukup memadai untuk mendukung pembuatan media ini. Tidak ada biaya khusus ketika membuat media teka teki silang, karena sekolah sudah menyediakan fasilitas yang diperlukan. Mengenai keterampilan guru, sebelum siswa mengerjakan teka-teki silang guru memberikan penjelasan langkah-langkahnya dengan jelas. Dari segi mutu teknis, setelah menggunakan media teka teki silang siswa menjadi lebih memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Media teka-teki silang tidak hanya membantu siswa memahami materi, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir kritis melalui interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Media Teka Teki Silang en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Fikih en_US
dc.title Penggunaan Media Teka Teki Silang dalam Meningkatkan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fikih di MI Mumtaza Pondok Cabe en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account