Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih
kurang disiplin. Pentingnya peran guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa, faktor pendukung dan penghambat yang
membentuk karakter disiplin siswa, upaya yang dilakukan guru pendidikan
agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa. Perlu adanya
pembiasaan-pembiasaan agar terbentuk karakter disiplin siswa. Sehingga
berkaitan dengan masalah yang penulis ingin teliti. Oleh karena itu, tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Guru PAI dalam
upaya pembentukan karakter disiplin siswa SDIT Daarul Hasanah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan jenis pendekatan deskriptif. Jumlah informan terdiri dari kepala
sekolah, 1 guru PAI, 6 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data digunakan
untuk mengumpulkan data, reduksi data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan siswa di SDIT
Daarul Hasanah sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukungnya adalah
kordinasi yang baik antara Guru PAI dan bagian dalam menjalankan SOP
atau tata tertib sekolah. Dimana siswa yang melanggar tata tertib ada
hukumannya sehingga yang awalnya tidak baik menjadi lebih baik.