DSpace Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin siswa di SDIT Daarul Hasanah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Litakuna Karima
dc.contributor.author Munawaroh, 20312329
dc.date.accessioned 2024-11-04T04:55:59Z
dc.date.available 2024-11-04T04:55:59Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4037
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih kurang disiplin. Pentingnya peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, faktor pendukung dan penghambat yang membentuk karakter disiplin siswa, upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa. Perlu adanya pembiasaan-pembiasaan agar terbentuk karakter disiplin siswa. Sehingga berkaitan dengan masalah yang penulis ingin teliti. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Guru PAI dalam upaya pembentukan karakter disiplin siswa SDIT Daarul Hasanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Jumlah informan terdiri dari kepala sekolah, 1 guru PAI, 6 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data digunakan untuk mengumpulkan data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan siswa di SDIT Daarul Hasanah sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukungnya adalah kordinasi yang baik antara Guru PAI dan bagian dalam menjalankan SOP atau tata tertib sekolah. Dimana siswa yang melanggar tata tertib ada hukumannya sehingga yang awalnya tidak baik menjadi lebih baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Disiplin en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin siswa di SDIT Daarul Hasanah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account