Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh efikasi diri peserta didik yang
rendah, disebabkan karena metode pembelajaran yang terlalu monoton dan
kurang variatif terutama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam
upaya untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik diperlukan metode
pembelajaran yang bervariasi, kreatif dan inovatif. Karena metode
pembelajaran yang sesuai merupakan bagian penting dalam kegiatan
pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan.
Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan metode
pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan Efikasi diri pada
siswa kelas XI SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, 2
Guru PAI dan 4 Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 11 Kabupaten
Tangerang. Teknik analisis data melalui tiga tahapan, yaitu redusi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran
Problem Based Learning di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang dapat
meningkatkan efikasi diri siswa kelas XI. Keberhasilan metode pembelajaran
dapat dilihat dari tahapan perencanaan yang direncanakan secara matang
melalui penyusunan modul ajar, pelaksanaan berjalan sesuai dengan konsep
yang telah direncanakan serta evaluasi. Adapun keberhasilan metode
pembelajaran Problem Based Learning dilihat dari peserta didik yang mampu
mengerjakan tugas dengan tingkat kesulitan tinggi, tidak menghindar dari
tugas, memiliki keyakinan atas usahanya, tidak mudah menyerah, mampu
mengembangkan kemampuan, memiliki keyakinan dapat menyelesaikan
permasalahan dan mampu mengerjakan tugas yang berbeda dalam satu waktu.