DSpace Repository

Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Siti Alawiyah Zulfa, 20312267
dc.date.accessioned 2024-11-06T04:22:20Z
dc.date.available 2024-11-06T04:22:20Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4046
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh efikasi diri peserta didik yang rendah, disebabkan karena metode pembelajaran yang terlalu monoton dan kurang variatif terutama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam upaya untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi, kreatif dan inovatif. Karena metode pembelajaran yang sesuai merupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan Efikasi diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, 2 Guru PAI dan 4 Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Teknik analisis data melalui tiga tahapan, yaitu redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang dapat meningkatkan efikasi diri siswa kelas XI. Keberhasilan metode pembelajaran dapat dilihat dari tahapan perencanaan yang direncanakan secara matang melalui penyusunan modul ajar, pelaksanaan berjalan sesuai dengan konsep yang telah direncanakan serta evaluasi. Adapun keberhasilan metode pembelajaran Problem Based Learning dilihat dari peserta didik yang mampu mengerjakan tugas dengan tingkat kesulitan tinggi, tidak menghindar dari tugas, memiliki keyakinan atas usahanya, tidak mudah menyerah, mampu mengembangkan kemampuan, memiliki keyakinan dapat menyelesaikan permasalahan dan mampu mengerjakan tugas yang berbeda dalam satu waktu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Efikasi diri en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.title Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account