DSpace Repository

Kreativitas Guru Taḥfidz dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yanti Susanti
dc.contributor.author Sifa Aulia Hanin, 20312265
dc.date.accessioned 2024-11-06T05:03:20Z
dc.date.available 2024-11-06T05:03:20Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4049
dc.description.abstract Menurut Ahmad Atabik Saat ini, meskipun mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, masih banyak yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik. Tak jarang, mereka harus mengeja huruf atau kalimat satu per satu. Ini sangat berbeda dengan orang yang hafal AlQur’an, yang mampu membaca satu juz dalam waktu sekitar 15-20 menit, sehingga bisa menyelesaikan khatam Al-Qur’an dalam semalam. Pekerjaan (amal) ini sangat luar biasa, namun sayangnya hanya dikenal di kalangan masyarakat tertentu dan belum mendapatkan apresiasi yang luas. Bahkan, jika dibandingkan dengan membaca Al-Qur’an dengan cara dilagukan (qiro’ah), tahfidz Al-Qur’an masih kurang populer. Maka dari itu, perlu adanya Kreativitas Guru Tahfidz dalam Pembelajaran hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas guru tahfidz dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an di MI Pembangunan UIN Jakarta Syarif Hidayatullah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah MI Pembangunan, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Guru Tahfidz, dan siswa MI Pembangunan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari wawancara dengan kepala sekolah menunjukkan bahwa capaian pembelajaran hafalan Al-Qur’an di MI Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selama dua tahun terakhir cukup maksimal. Secara umum, target hafalan juz 30 telah tercapai, dengan tingkat pencapaian 85%. Keberhasilan ini terlihat dari hasil perlombaan tahun ini, di mana banyak siswa meraih prestasi di bidang tahfidz dan menerima Anugerah Mukti Ali dari MI Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.subject Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.subject Guru Tahfidz en_US
dc.title Kreativitas Guru Taḥfidz dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account