Abstract:
Pembentukan akhlak merupakan aspek penting dalam pendidikan yang
berfungsi untuk membentuk karakter siswa yang berbudi pekerti luhur sesuai
dengan ajaran Islam. Guru memegang peranan kunci dalam proses
pembelajaran akidah akhlak, yang tidak hanya berfokus pada penyampaian
materi, tetapi juga pada pembentukan sikap dan perilaku siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan akhlak siswa
melalui mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda Yadin, Kota
Tangerang
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif Deskriptif.
Dengan teknik pengumpulan data yaitu pengamatan, wawancara (interview),
dan dokumentasi. Dengan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari
observasi dan wawancarara kepada Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda
Yadin, Guru-guru Akidah Akhlak MTs Nurul Huda Yadin, dan siswa-siswa
MTs Nurul Huda Yadin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan penelitian mengenai peran guru dalam pembentukan
akhlak siswa di MTs Nurul Huda Yadin Kota Tangerang, peran guru sebagai
pemimpin, pendidik, pengajar, pembimbing, motivator, dan evaluator
memainkan peran penting dalam membimbing siswa menuju pembentukan
akhlak yang baik. Pembentukan akhlak siswa di MTs Nurul Huda Yadin
menunjukkan adanya perubahan positif melalui berbagai metode pembelajaran
efektif seperti pembiasaan, teladan, nasihat, ceramah, cerita, dan hukuman.
Meskipun terdapat tantangan seperti pengaruh teknologi, kurangnya
pemahaman norma etika siswa, kurang pemahaman orang tua terhadap
program sekolah, dan kurangnya kerja sama antara guru dan orang tua siswa,
langkah-langkah terus ditingkatkan untuk mengatasi hambatan tersebut. Upaya
yang konsisten dilakukan bertujuan untuk memperkuat upaya pembentukan
akhlak siswa yang berkualitas dan berkelanjutan di MTs Nurul Huda Yadin
Kota Tangerang.
Kata