DSpace Repository

Peran Guru dalam Pembentukan Akhlak Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nuru Huda Yadin Kota Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khusna Farida
dc.contributor.author Dina Sabrina, 20312283
dc.date.accessioned 2024-11-06T05:43:58Z
dc.date.available 2024-11-06T05:43:58Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4050
dc.description.abstract Pembentukan akhlak merupakan aspek penting dalam pendidikan yang berfungsi untuk membentuk karakter siswa yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan ajaran Islam. Guru memegang peranan kunci dalam proses pembelajaran akidah akhlak, yang tidak hanya berfokus pada penyampaian materi, tetapi juga pada pembentukan sikap dan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan akhlak siswa melalui mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda Yadin, Kota Tangerang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif Deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pengamatan, wawancara (interview), dan dokumentasi. Dengan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancarara kepada Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Yadin, Guru-guru Akidah Akhlak MTs Nurul Huda Yadin, dan siswa-siswa MTs Nurul Huda Yadin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian mengenai peran guru dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Nurul Huda Yadin Kota Tangerang, peran guru sebagai pemimpin, pendidik, pengajar, pembimbing, motivator, dan evaluator memainkan peran penting dalam membimbing siswa menuju pembentukan akhlak yang baik. Pembentukan akhlak siswa di MTs Nurul Huda Yadin menunjukkan adanya perubahan positif melalui berbagai metode pembelajaran efektif seperti pembiasaan, teladan, nasihat, ceramah, cerita, dan hukuman. Meskipun terdapat tantangan seperti pengaruh teknologi, kurangnya pemahaman norma etika siswa, kurang pemahaman orang tua terhadap program sekolah, dan kurangnya kerja sama antara guru dan orang tua siswa, langkah-langkah terus ditingkatkan untuk mengatasi hambatan tersebut. Upaya yang konsisten dilakukan bertujuan untuk memperkuat upaya pembentukan akhlak siswa yang berkualitas dan berkelanjutan di MTs Nurul Huda Yadin Kota Tangerang. Kata en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.subject Pembentukan Akhlak en_US
dc.title Peran Guru dalam Pembentukan Akhlak Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nuru Huda Yadin Kota Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account