Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi hadirnya salah satu pemanfaatan
website hai.pals di sekolah tentang sejarah Palestina pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Dengan adanya website ini, siswa dapat
mengembangkan pengetahuan keagamaan dari materi Sejarah Kebudayaan
Islam pada bab “Penjajahan Bangsa Barat Atas Dunia Islam” yang sampai
saat ini masih berpengaruh dengan terjadinya penjajahan di Palestina.
Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan
website Hai.Pals dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas XI
terhadap sejarah Palestina dan untuk mengetahui faktor pendukung serta
penghambat terhadap pemanfaatan website Hai.Pals. Metode penelitian ini
adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden terdiri dari guru,
siswa/i kelas XI, dan pengelola website Hai.Pals.
Hasil Penelitian menunjukkan dampak positif dari siswa merasakan
manfaat dari salah satu contoh fitur yang digunakan di website hai.pals
ialah “Ruang Kelas. Jerat Data, Saung Aksara” dan lainnya. Namun,
Penelitian ini juga menemukan adanya kebutuhan untuk pengembangan
fitur interaktif seperti kuis, permainan edukasi, dan simulasi sejarah yang
dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.