Abstract:
Penelitian ini bertujuan guna mengidentifikasi pengaruh self
regulation terhadap pencapaian target hafalan mahasiswi Fakultas Tarbiyah
di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, untuk menghitung seberapa besar
pengaruh self regulation terhadap pencapaian target hafalan mahasiswa
Fakultas Tarbiyah di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan teknik purposive sampling sebagai alat untuk pengambilan
sampelnya. Adapun total sampel yang digunakan berjumlah 130 responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa self regulation memiliki pengaruh
terhadap target pencapaian hafalan Al-Qur’an mahasiswa Fakultas Tarbiyah
di Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta yaitu sebesar 20,4% dan sisanya sebesar
79,6% di pengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh nilai signifikansi = 0,001
(0,001< 0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya, terdapat pengaruh
antara self regulation terhadap target pencapaian hafalan Al-Qur’an
mahasiswi Fakultas Tarbiyah di Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.