Abstract:
Latar Belakang dari penelitian ini Kejenuhan dalam belajar terkadang
tidak hanya disebabkan oleh guru saja, namun juga dipengaruhi oleh faktor
eksternal, seperti minat anak untuk bermain game online dan menggunakan
gadget, serta keinginannya untuk bermain bersama dengan teman-temannya
dibandingkan belajar. Oleh karena itu, guru harus memilih strategi yang tepat
agar siswa tetap terlibat dalam pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu
analisis data kualitatif. Informan yang diwawancarai peneliti terdapat 5 orang,
yang terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 1 Guru PAI, dan 3 perwakilan siswa kelas
V SDN Peninggilan 2 Kota Tangerang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru
PAI untuk mengatasi kejenuhan yaitu strategi jigsaw yang melibatkan
kolaborasi siswa dalam kelompok kecil. Faktor pendukung guru PAI dalam
mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu metode yang bervariasi, kondisi
kelas yang kondusif, kemampuan guru, dan penggunaan media. Faktor yang
menghambat guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu
masalah kesehatan dan kurangnya interaksi yang baik antara guru dan siswa.