DSpace Repository

Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di SDN Peninggilan 2 Kota Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rohmah
dc.contributor.author Hafizhoh Azizah Salamah, 20312214
dc.date.accessioned 2024-11-06T08:13:29Z
dc.date.available 2024-11-06T08:13:29Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4059
dc.description.abstract Latar Belakang dari penelitian ini Kejenuhan dalam belajar terkadang tidak hanya disebabkan oleh guru saja, namun juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti minat anak untuk bermain game online dan menggunakan gadget, serta keinginannya untuk bermain bersama dengan teman-temannya dibandingkan belajar. Oleh karena itu, guru harus memilih strategi yang tepat agar siswa tetap terlibat dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif. Informan yang diwawancarai peneliti terdapat 5 orang, yang terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 1 Guru PAI, dan 3 perwakilan siswa kelas V SDN Peninggilan 2 Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru PAI untuk mengatasi kejenuhan yaitu strategi jigsaw yang melibatkan kolaborasi siswa dalam kelompok kecil. Faktor pendukung guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu metode yang bervariasi, kondisi kelas yang kondusif, kemampuan guru, dan penggunaan media. Faktor yang menghambat guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu masalah kesehatan dan kurangnya interaksi yang baik antara guru dan siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Kejenuhan Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam (PAI) en_US
dc.title Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di SDN Peninggilan 2 Kota Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account