DSpace Repository

Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SDIT Matahari Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Binta Fadlila Ramadhani, 20312205
dc.date.accessioned 2024-11-06T08:16:41Z
dc.date.available 2024-11-06T08:16:41Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4060
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi karena orangtua ingin anak-anak mereka tidak hanya belajar pelajaran disekolah saja tetapi ingin anak-anak bisa membaca Al-Qur’an dan menghafalkannya, dalam belajar dan menghafal AlQur’an juga butuh metode yang menarik, interaktif, dan efektif. Saat ini juga banyak sekali metode yang bisa digunakan dalam mempelajari Al-Qur’an dan salah satu metode yang bertujuan memudahkan anak-anak memahaminya baik dari materi atau teknik menghafanya adalah Metode Ummi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Di SDIT Matahari Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif Deskriptif, sumber data penelitian berdasarkan data primer, wawancara dengan 5 informan (Kepala Sekolah, Koordinator Al-Qur’an, Guru Tahfiẓ, dan siswa siswi), data sekunder yang digunakan yaitu buku, jurnal, dan buku sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Penerapan Metode Ummi mencakup 7 tahapan, yaitu: 1) Tahap Pembukaan, mengondisikan siswa untuk tertib sebelum pembelajaran, 2) Tahap Apersepsi, menyampaikan apersepsi bacaan dan apersepsi hafalan, 3) Tahap Penanaman Konsep Proses, mengulang materi sebelumnya dan mengaitkan materi yang akan dibahas, 4) Tahap Pemahaman Konsep, menyampaikan materi beserta contoh bacaan Al-Qur’an, 5) Tahap Latihan Atau Keterampilan, menyampaikan materi dan siswa mempraktekkannya langsung kemudian memberikan PR Al-Qur’an, 6) Tahap Evaluasi, mengadakan tahsin rutin 1-2 minggu sekali, 7) Tahap Penutup, memberikan kesimpulan dan memotivasi siswa. Meningkatnya Kemampuan Menghafal siswa melalui Penerapan Metode Ummi, kemampuan menghafal siswa dapat dilihat dari Kelancaranya Dalam Menghafal dengan rajin berlatih mandiri dan sering mendengar murottal metode ummi, Ketepatan Baacan AlQur’an Dengan Ilmu Tajwid yang dikembangkan dengan mencontohkan langsung tajwidnya, Fasih Dalam Menghafal yaitu siswa saat di sekolah mengulang bacaan 3-5 kali baru dipraktekkan secara jelas dan benar baru disetorkan, serta berlatih mandiri didampingi dukungan guru dan orang tua. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Menghafal Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Ummi en_US
dc.title Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SDIT Matahari Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account