Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan Barzanji
dalam mengembangkan nilai-nilai Pendidikan akhlak santri di Pondok Pesantren
Asshiddiqiyah 06 Serpong. Serta mengetahui aspek-aspek yang dapat
mengembangkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dapat diperoleh melalui
kegiatan keagamaan (kegiatan barzanji).
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Negara Indonesia kini sedang dilanda
penurunan sikap serta perilaku para remaja, di mana fenomena mengubah irama
sholawat menjadi irama koplo dan diiringi dengan gerakan tubuh yang berayun
kini menjadi salah satu indikasi penurunan moralitas di era milenial. Hal ini
memicu kekhawatiran tentang lunturnya esensi spiritual dalam praktik ibadah,
yang seharusnya penuh ketenangan dan kesakralan. Peneliti juga menemukan
ada nya point point penting yang sudah terleksanakan di Pondok Pesantren
Asshiddiqiyah 06 Serpong yaitu: 1) proses kegiatan barzanji dalam
meningkatkan nilai pendidikan akhlak di pondok pesantren Asshiddiquyah 06
Serpong ada tiga, yaitu a. perencanaan: menciptakan lingkungan yang kondusif,
latihan membaca sholawat, adanya peraturan kegiatan, media dan alat
pendukung. b. pelaksanaan: guru memimpin kegiatan barzanji menggunakan
tiga metode yaitu pembiasaan, keteladanan dan nasihat, serta santri terlibat
dalam pelaksanaan kegiatan barzanji, c. evaluasi yang mencakup aspek kognitif,
afektif dan psikomotorik, dan 2) faktor pendukung dalam proses peningkatan
nilai Pendidikan akhlak di pondok pesantren Asshiddiquyah 06 Serpong, yaitu
motivasi diri, adanya dorongan taat beribadah kepada Allah SWT, kegiatan
berbasis keagamaan, sarana prasarana yang mendukung dan lingkungan yang
kurang baik, dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran religiusitas,
kurangnya pengetahuan agama dan lingkungan yang kurang baik.