DSpace Repository

Implementasi Kegiatan Barzanji Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adithiya Warman
dc.contributor.author Wafdah Zakiyyatinnisa, 20312309
dc.date.accessioned 2024-11-06T08:22:23Z
dc.date.available 2024-11-06T08:22:23Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4062
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan Barzanji dalam mengembangkan nilai-nilai Pendidikan akhlak santri di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong. Serta mengetahui aspek-aspek yang dapat mengembangkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dapat diperoleh melalui kegiatan keagamaan (kegiatan barzanji). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Negara Indonesia kini sedang dilanda penurunan sikap serta perilaku para remaja, di mana fenomena mengubah irama sholawat menjadi irama koplo dan diiringi dengan gerakan tubuh yang berayun kini menjadi salah satu indikasi penurunan moralitas di era milenial. Hal ini memicu kekhawatiran tentang lunturnya esensi spiritual dalam praktik ibadah, yang seharusnya penuh ketenangan dan kesakralan. Peneliti juga menemukan ada nya point point penting yang sudah terleksanakan di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong yaitu: 1) proses kegiatan barzanji dalam meningkatkan nilai pendidikan akhlak di pondok pesantren Asshiddiquyah 06 Serpong ada tiga, yaitu a. perencanaan: menciptakan lingkungan yang kondusif, latihan membaca sholawat, adanya peraturan kegiatan, media dan alat pendukung. b. pelaksanaan: guru memimpin kegiatan barzanji menggunakan tiga metode yaitu pembiasaan, keteladanan dan nasihat, serta santri terlibat dalam pelaksanaan kegiatan barzanji, c. evaluasi yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, dan 2) faktor pendukung dalam proses peningkatan nilai Pendidikan akhlak di pondok pesantren Asshiddiquyah 06 Serpong, yaitu motivasi diri, adanya dorongan taat beribadah kepada Allah SWT, kegiatan berbasis keagamaan, sarana prasarana yang mendukung dan lingkungan yang kurang baik, dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran religiusitas, kurangnya pengetahuan agama dan lingkungan yang kurang baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi Kegiatan Barzanji en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pendidikan en_US
dc.title Implementasi Kegiatan Barzanji Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account