Abstract:
Penelitian di latar belakangi oleh sebuah fenomena yang akhir-akhir ini
menyita perhatian dunia pendidikan. Fenomena tersebut adalah kekerasan di
sekolah, baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa. Kita sering melihat aksi
anak-anak mengejek, mengolok-olok atau mendorong teman. Namun, tidak
menyadari konsekuensi yang terjadi jika anak mengalami bullying. Oleh sebab
itu berbagai pihak harus bisa memahami apa dan bagaimana bullying itu,
sehingga dapat secara komprehensif melakukan pencegahan dari akibat yang
tidak diinginkan.
Tujuan penelitian ini yaitu: Mendeskripsikankan Upaya guru PAI
menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku
bullying di SMP Tunas Utama Karawang, Mendeskrisipkan proses penanaman
nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP
Tunas Utama Karawang, dan hasil dari menanamkan nilai-nilai pendidikan
agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama
Karawang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta
menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian yaitu sebanyak 3 orang :
Kepala sekolah, Guru Pai, dan Siswa.
Penulis menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha
guru PAI menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah
perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang adalah melakukan inovasi
dalam pembelajaran, menemukan dan mengatasi kendala dalam penanaman
nilai PAI, melakukan kerjasama dengan pihak yang lain. Proses penanaman
nilai – nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying yaitu
dengan memberikan pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan, nasihat dan
melakukan komunikasi terbuka. Dan hasil penanaman nilai-nilai pendidikan
agama Islam dalam mencegah prilaku bullying yaitu mengurangi tindakan
bullying tertanam nilai aqidah, ibadah dan akhlak.