DSpace Repository

Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas VII Di SMP Tunas Utama Karawang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hulailah Istiqlaliyah
dc.contributor.author Alya Rahma Nabila, 20312241
dc.date.accessioned 2024-11-06T08:36:05Z
dc.date.available 2024-11-06T08:36:05Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4066
dc.description.abstract Penelitian di latar belakangi oleh sebuah fenomena yang akhir-akhir ini menyita perhatian dunia pendidikan. Fenomena tersebut adalah kekerasan di sekolah, baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa. Kita sering melihat aksi anak-anak mengejek, mengolok-olok atau mendorong teman. Namun, tidak menyadari konsekuensi yang terjadi jika anak mengalami bullying. Oleh sebab itu berbagai pihak harus bisa memahami apa dan bagaimana bullying itu, sehingga dapat secara komprehensif melakukan pencegahan dari akibat yang tidak diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu: Mendeskripsikankan Upaya guru PAI menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang, Mendeskrisipkan proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang, dan hasil dari menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian yaitu sebanyak 3 orang : Kepala sekolah, Guru Pai, dan Siswa. Penulis menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha guru PAI menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang adalah melakukan inovasi dalam pembelajaran, menemukan dan mengatasi kendala dalam penanaman nilai PAI, melakukan kerjasama dengan pihak yang lain. Proses penanaman nilai – nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying yaitu dengan memberikan pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan, nasihat dan melakukan komunikasi terbuka. Dan hasil penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah prilaku bullying yaitu mengurangi tindakan bullying tertanam nilai aqidah, ibadah dan akhlak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Bullying en_US
dc.title Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas VII Di SMP Tunas Utama Karawang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account