DSpace Repository

Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Ummu Nabila Cileungsi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nur Aini Zaida
dc.contributor.author Lisyafa’ati Hij Nabila Putri, 20320065
dc.date.accessioned 2024-11-13T07:51:36Z
dc.date.available 2024-11-13T07:51:36Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4084
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa peneliti melihat langsung perkembangan sosial emosional dapat menanamkan nilai percaya diri, kemandirian dan bertanggung jawab melalui kegiatan metode bermain peran. Tujuan dari peneliti ini untuk mendeskripsikan proses penerapan metode bermain peran dalam kegiatan pembelajara pada anak di dalam kelas, dan mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional anak dengan kegiatan bermain peran di RA Ummu Nabila. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di RA Ummu Nabila cileungsi adalah (1.) penerapan metode bermain : guru mempersiapkan tema, guru membuat scenario, guru menyiapkan alat, guru mengumpulkan anak untuk diberi pengarahan, guru membagikan tugas kepada anak, guru mengawasi dan mendampingi anak, guru mengadakan diskusi setelah bermain peran.(2.)faktor mempengarahi perkembangan sosial emosional pada penerapan bermain peran adalah faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor Pendidikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Bermain Peran en_US
dc.subject Sosial Emosional en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Ummu Nabila Cileungsi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account