Abstract:
Penulisan ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus
anak tantrum yang sering terjadi pada anak usia 4-5 tahun saat melakukan
observasi. Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam
mengenai perilaku tantrum usia 4-5 tahun di sekolah TK Islam As-Salamah.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam
mengatasi perilaku tantrum pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam As-Salamah.
Penenulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam
penulisan ini, penulis melakukan pengamatan dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data utama penulisan ini adalah
wali kelas dan guru kelas usia 4-5 tahun di TK Islam AS-Salamah. Sumber
data sekunder penulisan ini adalah jurnal, skripsi dan buku.
Hasil dari penulisan ini adalah menunjukkan bahwa upaya guru dalam
mengatasi anak tantrum dapat dilakukan dengan cara membiarkan anak
meluapkan emosinya, mendukung dengan pelukan setelah mereda, bersikap
tenang dan memahami perasaan anak, serta memberi ruang, membawa anak
ke tempat tenang, membiarkan anak tantrum tanpa reaksi berlebihan,
mengalihkan perhatian anak dengan aktivitas menarik, memvalidasi perasaan
anak dengan empati, dan menciptakan lingkungan aman dengan perhatian
serta kasih sayang.