DSpace Repository

Upaya Guru Dalam Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia 4-5 Tahun (Kelompok B) diTK Islam As-Salamah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nur Aini Zaida
dc.contributor.author Putri Alifia, 20320073
dc.date.accessioned 2024-11-13T08:02:53Z
dc.date.available 2024-11-13T08:02:53Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4088
dc.description.abstract Penulisan ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus anak tantrum yang sering terjadi pada anak usia 4-5 tahun saat melakukan observasi. Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam mengenai perilaku tantrum usia 4-5 tahun di sekolah TK Islam As-Salamah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi perilaku tantrum pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam As-Salamah. Penenulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penulisan ini, penulis melakukan pengamatan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data utama penulisan ini adalah wali kelas dan guru kelas usia 4-5 tahun di TK Islam AS-Salamah. Sumber data sekunder penulisan ini adalah jurnal, skripsi dan buku. Hasil dari penulisan ini adalah menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengatasi anak tantrum dapat dilakukan dengan cara membiarkan anak meluapkan emosinya, mendukung dengan pelukan setelah mereda, bersikap tenang dan memahami perasaan anak, serta memberi ruang, membawa anak ke tempat tenang, membiarkan anak tantrum tanpa reaksi berlebihan, mengalihkan perhatian anak dengan aktivitas menarik, memvalidasi perasaan anak dengan empati, dan menciptakan lingkungan aman dengan perhatian serta kasih sayang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Tantrum en_US
dc.subject Anak Usia 4-5 Tahun en_US
dc.title Upaya Guru Dalam Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia 4-5 Tahun (Kelompok B) diTK Islam As-Salamah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account