Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus
bullying di sekolah selama Program Pengalaman Lapangan (PLP).
Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam mengenai pola
penanganan guru yang efektif dalam mengatasi kasus bullying. Adapun tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk menanamkan pola penanganan guru dalam
menghadapi bullying pada anak usia dini dan untuk mengetahui faktor apa saja
yang mendukung dan menghambat guru dalam penanganan bullying di RA
Raushan Fikr Tangerang Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.
Dalam penelitian ini, peneliti berupaya untuk menggambarkan kegiatan yang
diteliti pada objek tertentu dengan jelas dan sistematis. Sumber data utama
penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas B Abu Bakar As-Siddiq, guru
kelas B Abu Bakar As-Siddiq. Adapun sumber data sekunder mencakup buku,
jurnal, skripsi, artikel berita online, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pola penanganan: guru memberikan
pendampingan khusus dengan pendekatan hati-hati dan penuh kasih sayang,
penyuluhan dan perlindungan, guru memberikan aturan-aturan dan arahan
yang jelas bagi anak tentang perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan di
dalam kelas. Guru mengadakan evaluasi setelah memberikan pendampingan.
(2) Faktor pendukung dan penghambat: pendukung termasuk kesadaran guru
tentang bullying, keterampilan komunikasi yang baik, dan dukungan kebijakan
sekolah. Penghambat meliputi kurangnya kerjasama antara orang tua, dan
pihak sekolah, kurangnya edukasi tentang bullying, dan literasi tentang
keluarga harmonis.