DSpace Repository

Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di RA Raushan Fikr Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasanah
dc.contributor.author Mia Istiqomah, 20320068
dc.date.accessioned 2024-11-13T08:05:03Z
dc.date.available 2024-11-13T08:05:03Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4089
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus bullying di sekolah selama Program Pengalaman Lapangan (PLP). Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam mengenai pola penanganan guru yang efektif dalam mengatasi kasus bullying. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menanamkan pola penanganan guru dalam menghadapi bullying pada anak usia dini dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru dalam penanganan bullying di RA Raushan Fikr Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti berupaya untuk menggambarkan kegiatan yang diteliti pada objek tertentu dengan jelas dan sistematis. Sumber data utama penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas B Abu Bakar As-Siddiq, guru kelas B Abu Bakar As-Siddiq. Adapun sumber data sekunder mencakup buku, jurnal, skripsi, artikel berita online, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pola penanganan: guru memberikan pendampingan khusus dengan pendekatan hati-hati dan penuh kasih sayang, penyuluhan dan perlindungan, guru memberikan aturan-aturan dan arahan yang jelas bagi anak tentang perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan di dalam kelas. Guru mengadakan evaluasi setelah memberikan pendampingan. (2) Faktor pendukung dan penghambat: pendukung termasuk kesadaran guru tentang bullying, keterampilan komunikasi yang baik, dan dukungan kebijakan sekolah. Penghambat meliputi kurangnya kerjasama antara orang tua, dan pihak sekolah, kurangnya edukasi tentang bullying, dan literasi tentang keluarga harmonis. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Penanganan Guru en_US
dc.subject Bullying en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di RA Raushan Fikr Tangerang Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account