Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap
keunggulan di TK Ash-Shobur yaitu adanya metode reward dan punishment,
metode reward adalah pemberian hadiah dan punishment adalah pemberian
hukuman yang menjadi cara untuk meningkatkan kedisiplinan anak dan
memotivasi anak agar bersikap disiplin saat pembelajaran berlangsung. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui implementasi reward dan punishment dalam
meningkatkan kedisiplinan pada anak usia 5-6 tahun di TK Ash-Shobur
Bandung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.
Dalam penelitian ini, peneliti berupaya untuk menggambarkan kegiatan yang
diteliti pada objek tertentu dengan jelas dan sistematis. Sumber data utama
penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas B dan 3 wali kelas B TK AshShobur Bandung. Adapun sumber data sekunder mencakup buku, jurnal,
skripsi, artikel berita online, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi reward dan
punishment pada anak usia 5-6 tahun di TK Ash-Shobur dimulai dengan
perencanaan guru menyiapkan semua yang diperlukan untuk menunjang
kelancaran kegiatan perilaku disiplin dengan pemberian reward dan
punishment. persiapan tersebut dimulai dengan membuat tata tertib, SOP,
RPPM dan RPPH. Pelaksanaan pemberian reward yang diberikan guru kepada
siswa berupa tepuk tangan, bintang, pujian, acungan jempol dan memajangkan
karya buatan anak. Adapun bentuk punishment yang diberikan guru kepada
siswa berupa arahan, isyarat mata mulut dan tangan, memindahkan posisi
duduk anak, membaca doa dan mengutip sampah. Evaluasi penilaian dengan
cara pengamatan anekdot dan perhitungan bintang di papan reward. 2) Adanya
penerapan metode reward dan punishment tersebut kedisiplinan siswa usia 5-
6 tahun di TK Ash-Shobur meningkat sangat baik karena 10 dari 19 murid
sering mendapatkan bintang maupun reward.