DSpace Repository

mplementasi Reading Aloud Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Ishlah Ciruas Serang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Mar’atus Sholihah, 20320066
dc.date.accessioned 2024-11-13T08:12:50Z
dc.date.available 2024-11-13T08:12:50Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4092
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang marak terjadi akhir-akhir ini adalah diterapkannya program menghafal Al-Qur’an di sekolah Islam maupun di sekolah umum. Dari berbagai tingkatan pendidikan mulai TK, SD, SMP, SMA bahkan sampai pada jenjang perkuliahan. Metode Read Aloud adalah teknik pembelajaran yang mengarahkan pada pemahaman materi dengan menggunakan kekuatan membaca dengan keras/nyaring. Hal ini diintegrasikan ke dalam hafalan Al-Qur’an untuk meningkatkan hafalan AlQur’an pada anak usia dini. RA Al-Ishlah merupakan salah satu lembaga yang fokus di bidang meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini melalui metode reading aloud. Lembaga ini juga membiasakan dan menargetkan kegiatan hafalan sebelum pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari RA Al-Ishlah. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis mewawancarai kepala sekolah, 2 orang guru dan 4 orang tua/wali murid. Analisis data penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi metode reading aloud dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada anak usia 4-5 tahun berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang positif. Anak-anak mengalami perkembangan yang signifikan dalam kemampuan menghafal Al-Qur'an. Hal ini diukur dan dikuatkan melalui indikator kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, yaitu: kelancaran, ketepatan tajwid dan makhrajnya. Dari kelancaran dan ketepatan tajwid, 6 dari 8 anak telah menunjukkan peningkatan dan penguasaan dalam kemampuan hafalannya. Hal ini ditinjau dari banyaknya hafalan pada surah yang sudah dihafal oleh anak yaitu 16 surah dan presentase penilaian yang baik. Sedangkan pada ketepatan makhrajnya, 50% anak masih memerlukan latihan lebih lanjut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Reading Aloud en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title mplementasi Reading Aloud Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Ishlah Ciruas Serang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account