DSpace Repository

Efektivitas Menghafal Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Yatim di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.author Mawaddah Warohmah, 222430347
dc.date.accessioned 2024-12-11T07:36:53Z
dc.date.available 2024-12-11T07:36:53Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4100
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan emosional anak yatim melalui kegiatan menghafal Al-Qur’an di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Tanggerang Selatan, mengelaborasi implementasi menghafal Al-Qur’an di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Tanggerang Selatan, serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer dari pengasuh pesantren, pembina tahfizh, ketua pesantren, pembina asrama, dan santri yatim yang tinggal di asrama Pesantren Yatim Cahaya Madinah Pondok Cabe Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kegiatan tahfizh Al-Qur’an yang diterapkan di Pesantren Yatim Cahaya Madinah meliputi: menambah hafalan (ziyadah), mengulang hafalan (muroja’ah), sistem ujian kenaikan juz, kegiatan sima’an mingguan santri, dan ujian hafalan dengan kelipatan lima juz sekali duduk. 2) Menghafal Al-Qur’an dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak yatim di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Pondok Cabe Tangerang Selatan, hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek kecerdasan emosional diantaranya kesadaran diri (self awareness), pengendalian diri (self regulation) , motivasi diri (self motivation), empati (empathy), dan keterampilan sosial (social skill) mereka yang meningkat. 3) Adapun faktor pendukungnya yaitu mempunyai keinginan yang kuat untuk menghafal, mengingat keistimewaan menghafal Al-Qur’an, adanya dukungan dari keluarga, adanya dukungan dari guru, lingkungan yang mendukung, adanya ujian tahfizh, mengadakan kegiatan positif. Sedangkan faktor penghambatnya ialah malas, mengantuk, masalah keluarga, kesulitan dalam menghafal, tidak mengikuti kegiatan atau kabur, dan manajemen waktu yang kurang baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Menghafal Al-Qur’an en_US
dc.subject Anak Yatim en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.title Efektivitas Menghafal Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Yatim di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Tangerang Selatan en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account