Abstract:
Seluruh siswa di SMP 17 Sarolangun wajib mengikuti program
unggulan karena tahfidz merupakan bagian dari muatan lokal. Peran seorang
guru sangatlah penting dalam menginspirasi siswa untuk menghafal
AlQur’an karena tanpanya mereka tidak akan dapat mencapai tujuan
hafalannya. Guru harus memberikan bimbingan dan dorongan kepada siswa
untuk mengembangkan kecintaan dan keteguhan terhadap Al-Qurán sedini
mungkin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
guru tahfidz terhadap motivasi menghafal siswa. Penjelasan judul skripsi ini
dipilih penulis karena meyakini bahwa guru mempunyai peranan penting
dalam membantu siswa belajar dan berkembang di kelas, baik dalam bidang
agama maupun ilmu lainnya.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang
menggabungkan pendekatan deskriptif analisis dan penelitian perpustakaan.
untuk mengumpulkan data dari observasi langsung dan menggunakan
pendapat para ahli yang membantu penulisan skripsi.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru tahfidz di SMP 17
Sarolangun memainkan peran penting dalam mendorong siswa untuk
menghafal Al-Qur'an dengan memberikan nasihat- nasihat melalui hadis
Nabi yang berkenaan tentang keutamaan menghafal Al-Qur’an,
menunjukkan kepada siswa contoh pejuang yang telah menghafal Al-Qur’an
dan mengadakan musabaqah di mana siswa berlomba dalam kebikan.