DSpace Repository

Peran Guru Tahfizh dalam Memotivasi Hafalan Siswa di SMP 17 Sarolangun Jambi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Nurjannah, 118311975
dc.date.accessioned 2025-01-16T04:13:07Z
dc.date.available 2025-01-16T04:13:07Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4120
dc.description.abstract Seluruh siswa di SMP 17 Sarolangun wajib mengikuti program unggulan karena tahfidz merupakan bagian dari muatan lokal. Peran seorang guru sangatlah penting dalam menginspirasi siswa untuk menghafal AlQur’an karena tanpanya mereka tidak akan dapat mencapai tujuan hafalannya. Guru harus memberikan bimbingan dan dorongan kepada siswa untuk mengembangkan kecintaan dan keteguhan terhadap Al-Qurán sedini mungkin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh guru tahfidz terhadap motivasi menghafal siswa. Penjelasan judul skripsi ini dipilih penulis karena meyakini bahwa guru mempunyai peranan penting dalam membantu siswa belajar dan berkembang di kelas, baik dalam bidang agama maupun ilmu lainnya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang menggabungkan pendekatan deskriptif analisis dan penelitian perpustakaan. untuk mengumpulkan data dari observasi langsung dan menggunakan pendapat para ahli yang membantu penulisan skripsi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru tahfidz di SMP 17 Sarolangun memainkan peran penting dalam mendorong siswa untuk menghafal Al-Qur'an dengan memberikan nasihat- nasihat melalui hadis Nabi yang berkenaan tentang keutamaan menghafal Al-Qur’an, menunjukkan kepada siswa contoh pejuang yang telah menghafal Al-Qur’an dan mengadakan musabaqah di mana siswa berlomba dalam kebikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Peran Guru Tahfizh dalam Memotivasi Hafalan Siswa di SMP 17 Sarolangun Jambi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account