Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan perhatian orang
tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih di MTs Fisabilillah
Bekasi. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
bagaimana peran serta perhatian orang tua mempengaruhi prestasi
akademik siswa dalam mata pelajaran fiqih.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan
dari hasil wawancara 7 orang yaitu : 1 guru mata Pelajaran fiqih, 3
Walimurid MTS Fisabilillah Bekasi dan 3 siswa MTs Fisabilillah
Bekasi. Data ini dilakukan untuk mengukur hubungan antara Tingkat
perhatian orang tua dan prestasi belajar siswa. Orang tua yang
memberikan perhatian dan dukungan yang lebih besar terhadap
pendidikan anak-anak mereka, baik melalui dukungan emosional,
keterlibatan dalam aktivitas belajar, maupun pengawasan terhadap
perkembangan akademik, cenderung melihat peningkatan prestasi
belajar fiqih pada anak-anak mereka.
Kesimpulan dari penelitian ini betapa pentingnya peran atau
perhatian orang tua terhadap prestasi belajar anak untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa yang maksimal, khususnya dalam mata Pelajaran
fiqih. Disarankan kepada orang tua untuk meningkatkan kesadaran dan
keterlibatan dalam proses pendidikan anak guna mendukung pencapaian
akademik anak menjadi lebih baik.