DSpace Repository

Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Menulis Tulisan Pegon” (Studi Kasus Siswa Kelas IV MI Nurussibyan Sepat kerep Karawang)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Artani Hasbi
dc.contributor.author Hilda Amelia, 12311116
dc.date.accessioned 2020-01-07T03:17:17Z
dc.date.available 2020-01-07T03:17:17Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/412
dc.description.abstract Kitab kuning merupakan salah satu kitab yang sangat penting untuk dikaji, akan tetapi semakin berkembangnya zaman, kitab kuning semakin terlupakan. Kitab kuning kebanyakan dipakai di pesantren-pesantren. Tidak jarang orang yang tidak bisa membaca kitab tersebut. Ketika membicarakan kitab kuning maka tidak terlepas dari kata “memaknai”. Untuk memaknai suatu kitab biasanya menggunakan tulisan pegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami korelasi antara kemampuan membaca kitab kuning dan menulis tulisan pegon pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurussibyan Sepat Kerep Karawang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mencari hubungan antara variabel yang diteliti yaitu korelasi antara kemampuan membaca kitab kuning dengan menulis tulisan pegon. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara membaca kitab kuning dengan menulis tulisan pegon pada siswa-siswi kelas IV MI Nurussibyan Sepat Kerep, Karawang. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang memperoleh nilai sebesar 0,3465 dengan r tabel masingmasing sebesar 0,361 taraf signifikan 5% dan 0,463 taraf 1% dari perolehan df sebesar 28. Maka dengan demikian ro lebih kecil dari r tabel baik pada taraf 5% atau 1%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Membaca, Kitab Kuning, Tulisan Pegon en_US
dc.title Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Menulis Tulisan Pegon” (Studi Kasus Siswa Kelas IV MI Nurussibyan Sepat kerep Karawang) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account