Abstract:
Tujuan riset yakni menganalisa pengaruh motivasi dan metode menghafal Al-Qur’an terhadap kualitas hafalan siswa kelas 7 dan 8 tahfiz MTsN 30 Jakarta.
Metode penelitian ini memakai teknik metode kuantitatif. Dengan proses pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling artinya seluruh siswa kelas tahfiz yang berjumlah 67 orang menjadi sampel dalam penelitian ini. pengumpulan datanya dilakukan dengan beberapa cara diantaranya wawancara dengan manajemen sekolah dan angket/kuesioner kepada siswa serta pengambilan dokumentasi.
Hasil riset ini mengindikasikan bahwa 1). Hubungan motivasi dan metode menghafal terhadap kualitas hafalan siswa kelas 7 dan 8 tahfiz berdasarkan tabel model sumarry besaran nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,589, yaitu memiliki hubungan yang sedang sebesar 58,9% dengan kualitas hafalan siswa, dan 2). Pengaruh motivasi dan metode menghafal terhadap kualitas hafalan siswa kelas 7 dan 8 tahfiz berdasarkan tabel model summary dijelaskan nilai koefisien detrminasi ada pada nilai R Square yakni 0,346, yaitu terdapat pengaruh yang simulatan sebesar 34,6%.dan sisanya 65,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya.