DSpace Repository

Pengaruh Motivasi dan Metode Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kualitas Hafalan Siswa di MTSN 30 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet
dc.contributor.author Muhammad Naufal Hafidz, 223430379
dc.date.accessioned 2025-10-28T04:28:02Z
dc.date.available 2025-10-28T04:28:02Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4268
dc.description.abstract Tujuan riset yakni menganalisa pengaruh motivasi dan metode menghafal Al-Qur’an terhadap kualitas hafalan siswa kelas 7 dan 8 tahfiz MTsN 30 Jakarta. Metode penelitian ini memakai teknik metode kuantitatif. Dengan proses pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling artinya seluruh siswa kelas tahfiz yang berjumlah 67 orang menjadi sampel dalam penelitian ini. pengumpulan datanya dilakukan dengan beberapa cara diantaranya wawancara dengan manajemen sekolah dan angket/kuesioner kepada siswa serta pengambilan dokumentasi. Hasil riset ini mengindikasikan bahwa 1). Hubungan motivasi dan metode menghafal terhadap kualitas hafalan siswa kelas 7 dan 8 tahfiz berdasarkan tabel model sumarry besaran nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,589, yaitu memiliki hubungan yang sedang sebesar 58,9% dengan kualitas hafalan siswa, dan 2). Pengaruh motivasi dan metode menghafal terhadap kualitas hafalan siswa kelas 7 dan 8 tahfiz berdasarkan tabel model summary dijelaskan nilai koefisien detrminasi ada pada nilai R Square yakni 0,346, yaitu terdapat pengaruh yang simulatan sebesar 34,6%.dan sisanya 65,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana IIQ Jakarta en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Menghafal Al-Qur'an en_US
dc.subject Kualitas Hafalan en_US
dc.title Pengaruh Motivasi dan Metode Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kualitas Hafalan Siswa di MTSN 30 Jakarta en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account