DSpace Repository

Efektivitas Pembelajaran Kitab Munyah alMuṣallī dalam Meningkatkan Pemahaman Fikih Salat Siswa di Santiwit Songkhla Technological College, Thailand

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syaidah Rena
dc.contributor.author Pujy Haryati, 21312437
dc.date.accessioned 2025-11-06T08:28:19Z
dc.date.available 2025-11-06T08:28:19Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4278
dc.description.abstract Pendidikan agama Islam berperan penting dalam membentuk kepribadian dan spiritualitas siswa, terutama di lingkungan Muslim minoritas seperti Thailand. Di tengah keterbatasan fasilitas pendidikan agama, pembelajaran fikih menjadi sarana utama untuk memperkuat pemahaman dasar ibadah, khususnya salat. Kitab Munyah al-Muṣallī karya Syekh Daud al-Fathani digunakan di Santiwit Songkhla Technological College dalam program malam hari bagi siswa asrama sebagai respons atas lemahnya pemahaman ibadah mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kitab Munyah al-Muṣallī dalam meningkatkan pemahaman fikih salat siswa di Santiwit Songkhla Technological College, Thailand. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembelajaran fikih di lingkungan minoritas Muslim, khususnya di institusi pendidikan kejuruan yang memiliki keterbatasan waktu dan fasilitas dalam pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru, pengelola program, pengurus asrama, serta siswa yang mengikuti program pembelajaran kitab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Munyah alMuṣallī dilaksanakan secara terencana, terstruktur, dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan spiritual, para siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap makna salat, syarat dan rukun salat, hal-hal yang membatalkan salat, serta kesadaran dalam melaksanakan salatsecara khusyuk. Secara psikomotorik, beberapa siswa juga mengalami perbaikan dalam gerakan salat yang sebelumnya kurang tepat. Temuan ini mengindikasikan bahwa program pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan kualitas pemahaman fikih salat siswa, baik secara konseptual maupun aplikatif. Terutama dalam konteks masyarakat Muslim minoritas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Efektivitas Pembelajaran en_US
dc.subject Muslim Minoritas Thailand en_US
dc.subject Kitab Munyah al-Muṣallī en_US
dc.subject Fikih Salat en_US
dc.subject Pemahaman Siswa en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.title Efektivitas Pembelajaran Kitab Munyah alMuṣallī dalam Meningkatkan Pemahaman Fikih Salat Siswa di Santiwit Songkhla Technological College, Thailand en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account