Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
efektifitas atau pengaruh yang sangat signifikan antara metode
Jarimatika terhadap prestasi menghafal Al-Qur‟an pada siswa
kelas IV MI Bait Qur‟ani Ciputat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah
pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi, maka
peneliti menghubungkan antara metode Jarimatika sebagai
variabel X dengan prestasi menghafal Al-Qur‟an sebagai
variabel Y. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MI Bait
Qur‟ani Ciputat yang berjumlah 149 siswa dan diambil sampel
sebanyak 16 siswa dari kelas IV, dengan pengumpulan data
pengisian angket kepada para siswa kelas IV semester 1.
Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat
simpulkan bahwa tidak terdapat efektifitas yang signifikan
antara menghafal Al-Qur‟an dengan metode jarimatika pada
siswa-siswi kelas IV MI Bait Qur‟ani Ciputat. Hal ini terbukti
dari hasil analisis yang memperoleh nilai sebesar 0,623 dengan
r” tabel masing-masing sebesar 0,497 taraf signifikan 5% dan
0,623 taraf signifikan 1% dari perolehan df sebesar 16.
berdasarkan interprestasi sederhana besarnya rxy (0,067)
berada pada tingkat rendah atau lemah.