DSpace Repository

Efektifitas Metode Jarimatika Terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur‟an MI Bait Qur‟ani Ciputat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Qorry Syamsyiah, 12311132
dc.date.accessioned 2020-01-23T02:54:53Z
dc.date.available 2020-01-23T02:54:53Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/428
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efektifitas atau pengaruh yang sangat signifikan antara metode Jarimatika terhadap prestasi menghafal Al-Qur‟an pada siswa kelas IV MI Bait Qur‟ani Ciputat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi, maka peneliti menghubungkan antara metode Jarimatika sebagai variabel X dengan prestasi menghafal Al-Qur‟an sebagai variabel Y. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MI Bait Qur‟ani Ciputat yang berjumlah 149 siswa dan diambil sampel sebanyak 16 siswa dari kelas IV, dengan pengumpulan data pengisian angket kepada para siswa kelas IV semester 1. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat simpulkan bahwa tidak terdapat efektifitas yang signifikan antara menghafal Al-Qur‟an dengan metode jarimatika pada siswa-siswi kelas IV MI Bait Qur‟ani Ciputat. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang memperoleh nilai sebesar 0,623 dengan r” tabel masing-masing sebesar 0,497 taraf signifikan 5% dan 0,623 taraf signifikan 1% dari perolehan df sebesar 16. berdasarkan interprestasi sederhana besarnya rxy (0,067) berada pada tingkat rendah atau lemah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Efektivitas, Jarimatika, Prestasi, Al-Qur'an en_US
dc.title Efektifitas Metode Jarimatika Terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur‟an MI Bait Qur‟ani Ciputat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account